Harga Gula Pasir Naik Makin Memberatkan Masyarakat; Capai Rp12.000/Kg

Kenaikan harga gula pasir di pasaran dalam dua hari terakhir ini di Kota Banda Aceh, dirasakan sudah memberatkan dan makin tak terjangkau oleh kalangan masyarakat dengan penghasilan pas-pasan.
Tingginya permintaan gula pasir pada awal-awal puasa Ramadhan 1430 Hijriah tahun ini untuk kebutuhan sehari-hari, juga ikut membuat harga naik. Sementara yang tersedia mulai menipis.

Berdasarkan pantauan Analisa di pasar Banda Aceh, harga gula pasir, Selasa (25/8) menembus kisaran harga Rp11 ribu per kilogram, bahkan ada yang dijual Rp12 ribu/kg di pedagang eceran. Sementara pekan lalu harga masih dijual Rp9.500/kg.

Menurut penuturan sejumlah pedagang di Pasar Peunayong, kenaikan terjadi akibat harga tebus dari distributor juga mulai naik dalam dua hari ini, terutama awal-awal Ramadhan. “Harga tebus gula hari ini (kemarin) naik lagi Rp10.000 atau menjadi Rp480.000 per sak (50 kg),” sebut seorang pedagang di Pasar Peunayong, Banda Aceh, Sulaiman.

Dengan harga tebus tersebut, pihaknya terpaksa harus menaikkan harga jual menjadi Rp11.000 per kilogram. Hampir mendekati gula kemasan yang dijual Rp12.000. Sementara gula Lampung, stok di pasar mulai langka. Harga tebus per saknya telah mencapai Rp520.000 per sak. Meroket tajam dibanding sebelum puasa kemarin yang dijual Rp470.000 per sak.

Meningkatnya harga gula membuat masyarakat merasa resah, tidak mampu memenuhinya selama bulan Ramadhan ini. Kaum ibu, terutama mereka dengan kemampuan ekonomi pas-pasan, mengaku uang belanjanya mulai terkuras hanya untuk membeli gula. “Susah sekarang. Mau buat teh, gula naik, kami takutnya naik lagi dari harga Rp11 ribu/kg saat ini,” keluh seorang ibu rumah tangga di Banda Aceh.

Sementara itu, Kepala Divisi Regional (Divre) Perum Bulog NAD, Ir. Nasrun Rahmani mengatakan, naiknya harga gula karena harga tebus di pabrik PTPN yang memproduksi gula saat ini juga naik. Yaitu dari Rp6.800-Rp7.200/kg pada Juli lalu menjadi Rp8.600/kg saat ini. (mhd)

http://www.analisadaily.com
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Harga Gula Pasir Naik Makin Memberatkan Masyarakat; Capai Rp12.000/Kg

  1. ini namanya mencekik leher rakyat kecil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s