Pemanfaatan Pewarna dan Pemanis Alami pada Produk Olahan di DKI Jakarta

DKI Jakarta memiliki cukup banyak kelompok olahan berskala rumah tangga yang bergerak dalam usaha pengolahan pangan. Produk olahan yang dihasilkan sangat beraneka ragam, mulai dari aneka makanan ringan, minuman, makanan jajanan sampai aneka instan. Penggunaan Bahan Tambahan Pangan (BTP) yang tidak terkontrol, seperti pewarna dan pemanis banyak ditemui pada produk-produk makanan yang diproduksi oleh industri kecil/rumah tangga. Hal ini adalah salah satu masalah keamanan pangan yang tidak hanya terjadi pada industri skala rumah tangga saja, tetapi juga menjadi masalah keamanan pangan di Indonesia.

Pemanfaatan sumberdaya nabati yang mempunyai fungsi yang sama dengan BTP sintetis dan tidak memberikan efek berbahaya bagi kesehatan adalah salah satu solusi yang dapat dilakukan. Oleh karena itu dalam pengkajian ini dilakukan identifikasi pewarna dan pemanis alami yang dapat dimanfaatkan serta efektivitasnya terhadap produk olahan sari belimbing di DKI Jakarta.
Hasil kajian menunjukkan bahwa pewarna alami dari kayu secang dan pemanis alami stevia sangat potensial untuk bisa dikembangkan dan digunakan oleh petani pengolah/industri rumah tangga karena murah dan mudah diperoleh atau mudah dibudidayakan sendiri di pekarangan rumah.
Standar Prosedur Operasional (SPO) proses pembuatan ekstrak dan pencampuran stevia dan kayu secang ke dalam sari buah sangat mudah, murah dan aplikatif. Konsentrasi stevia yang paling mendekati rasa manis sukrosa 10% dalam sari buah belimbing adalah 4% stevia + 6% gula atau 1% stevia + 8% gula. Sedangkan untuk kayu secang, konsentrasi terbaiknya adalah 9% – 10% dengan penambahan asam sitrat 0,1% (1g/L).

Dengan mengikuti acuan cara berproduksi sesuai Standar Prosedur Operasional (SPO) yang telah disusun, diharapkan kedua jenis bahan alami tersebut dapat menjadi alternatif pilihan bagi pengolah untuk meningkatkan kualitas produknya dengan tetap memperhatikan keamanannya.

http://jakarta.litbang.deptan.go.id
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Pemanfaatan Pewarna dan Pemanis Alami pada Produk Olahan di DKI Jakarta

  1. rini berkata:

    dimana kita bisa membeli tanaman stevia….?????????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s