Stevia, Perdu Asal Paraguay,Tak Berkalori, 300 Kali Lebih Manis

Paraguay berharap tanaman perdu, Stevia yang berasal dari negeri itu mampu meningkatkan perekonomian. Tanaman yang berukuran kecil yang memberikan rasa manis 300 kali lebih kuat dari gula ini tidak memberikan efek adiktif (ketergantungan) ataupun menggemukkan. Inilah tanaman yang ditunggu-tunggu industri makanan.

Stevia yang memiliki nama Latin stevia rebaudiana bertoni ini telah digunakan selama berabad-abad oleh orang-orang suku asli Gurani dalam memberikan rasa manis makanan dan minuman. Rasanya 300 kali lipat lebih manis dari gula dan tanpa menghasilkan kalori.

Kini tanaman semak yang berukuran tinggi 60 cm (24 inchi) telah menarik perhatian perusahaan minuman ringan dari Amerika (Serikat). Paraguay berharap tanaman tersebut tak lama akan memberikan pemasukan yang cukup bagi negara itu.

Dua perusahaan AS yang bergerak dibidang industri makanan menyampaikan keinginan mereka untuk membuat pemanis dibawah nama dagang Rebiana.

Walaupun tanaman tersebut penggunaanya belum mendapat persetujuan dari badan terkait di AS dan baru digunakan secara terbatas di Uni Eropa tanaman itu sudah sangat populer di Asia dimana China telah menanamkan tanaman tersebut dalam lahan ribuan hektar.

Hasil penelitian di Fakultas kedokteran Universitas Asuncion menemukan stevia mempunyai banyak manfaat yaitu mengandung anti-oxidan, anti-peradangan dan ati-bakteri yang akan sangat berguna bagi para penderita diabetes, tekanan darah tinggi dan pembusukan gigi.

Namun hal-hal tersebut tak dapat menepis rasa khawatir akan unsur yang bersifat carcinogen (menjadi penyakit penyakit kanker) seperti yang dituduhkan kepada pemanis yang dibuat dari bahan-bahan kimia.

Sejumlah negara kini sudah menjadi pasar bagi stevia antara lain Argentina, Brasil dan Ekuador di Amerika Latin demikian pula China, Jepang dan Korea Selatan , namun badan pengawasan obat dan makanan (FDA) mengatakan stevia adalah jenis unsur makanan yang bersifat adiktif, sementara Uni Eropa mengijinkan penggunaan sebagai makanan tambahan atau didalam kosmetik.

“Permintaan pasar internasional terjadi peningkatan yang pesat namun petani gula tebu mencoba untuk menghentikan import ekspor bahan alami itu. (*/rsd)

Kapanlagi.com
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Stevia, Perdu Asal Paraguay,Tak Berkalori, 300 Kali Lebih Manis

  1. marinki berkata:

    Ternyata stevia ini sangat baik utk kesehatan. Anak dengan autisma juga disarankan mengonsumsi manis dari stevia. Terima kasih infonya. Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s